0 0
Read Time:3 Minute, 22 Second

Berkebun di rumah jadi salah satu hobi yang sedang menjadi tren di masa pandemi seperti saat ini. Kegiatan menanam tanaman jadi salah satu aktivitas menyenangkan untuk melepas stres saat PSBB berlangsung. Seperti hobi lainnya, berkebun juga memiliki trik dan cara tersendiri agar membuahkan hasil yang baik. 

Gagal panen atau tanaman yang kita tanam tak berkembang sempurna bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya akibat teknik berkebun yang kurang tepat. Sebelum kamu mulai berkebun, yuk simak 6 tips berkebun di rumah untuk pemula berikut.

1. Pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi 

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: Pixabay

Perlu diketahui jika tidak semua tanaman bisa tumbuh di segala cuaca. Sebelum mulai menanam dan membeli bibit, pastikan kamu telah mengetahui daerah tempat tinggalmu  yang akan di jadikan tempat berkebun. Lakukan research tentang tanaman yang ingin kamu tanam. 

Jika rumahmu ada di daerah yang bercuaca panas, disarankan untuk memilih tanaman yang tumbuh di dataran rendah seperti daun bayam, cabai, atau terung. Namun, jika berada di dataran tinggi yang bersuhu rendah, tanaman yang dipilih cukup bervariasi seperti bawang, stroberi, dan selada. Apabila menyukai tanaman hias, kamu bisa menanam bunga kamboja jepang, kaktus, atau daun monstera yang tahan di segala cuaca.

1. Memanfaatkan pot atau polybag

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: faunadanflora.com

Lahan terbatas bukan jadi halangan untuk berkebun. Kamu bisa memanfaatkan polybag atau pot sebagai bentuk efisiensi lahan. Ada tips menanam di polybag dan pot agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Seperti mencampur media tanam dengan pupuk kompos atau humus. Tujuannya, untuk memperbaiki struktur  tanah dan meningkatkan kapasitas tukar kation. Disarankan untuk memilih tanaman yang disesuaikan dengan pot atau polybag. Selain sayur, tanaman hias, dan buah-buahan, kamu juga bisa memilih jenis tanaman herbal. Misalnya, kunyit, kumis kucing, atau daun sereh.

3. Pastikan terdapat sinar matahari yang cukup ya!

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: Pinterest

Sinar matahari dibutuhkan tumbuhan hijau untuk melakukan fotosintesis. Tumbuhan yang tidak terkena sinar matahari rawan terkena etiolasi yang membuat tumbuhan tidak pucat dan batangnya tidak kokoh. Jadi, pastikan semua tanamanmu terkena sinar matahari yang cukup ya. 

4. Kesalahan dalam berkebun di rumah untuk pemula

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: Gardening How Know

Sebagian orang berpendapat jika air adalah hal paling utama yang dibutuhkan tanaman. Sehingga, mereka memberikannya secara berlebihan. Faktanya, terlalu banyak menyiram tanaman dapat menimbulkan beberapa risiko misalnya tekstur batang yang lembek dan ditumbuhi jamur, atau daun yang layu. 

5. Membeli bibit berkualitas di tempat terpercaya

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: familyecolife.qld

Jika membuat bibit dari sayuran atau buah-buahan segar dirasa merepotkan, itu bukan lagi sebuah masalah. Sekarang sudah banyak marketplace dan online shop yang menjual bibit tanaman dan berbagai perlengkapan berkebun lainnya. 

Lebih simple lagi jika kamu membeli plant growing kits. Biasanya di dalam plant growing kits telah tersedia berbagai ornamen untuk berkebun. Seperti bibit tanaman, pupuk, dan pot mini. Online shop di Instagram yang menjual growing plant kits dan bibit di antaranya  @miniplant.id, @kutanam.id, dan @quintaniashop. Buat memastikannya, kamu bisa cek testimoni pelanggan baik yang terdapat di marketplace maupun highlight yang ada di akun Instagram online shop tersebut.

6. Konsisten jadi kunci utama berkebun di rumah

Berkebun di Rumah dengan Lahan Terbatas | Image Source: Rumah.com

Tren yang ada memang bisa berlalu begitu cepat. Ketika memulai berkebun, tanamkan niat yang sungguh-sungguh. Biasanya sesuatu yang sudah tidak menjadi tren akan ditinggalkan begitu saja. Oleh karena itu, jangan lupa untuk konsisten dalam merawat kebun. Seperti rutin menyiramnya, memberikan pupuk, dan menjaga tanaman dari serangan hama. Hal ini sebaiknya tidak dilewatkan hingga waktu panen tiba. 

Itu dia 6 tips berkebun di rumah dengan lahan yang terbatas. Semoga membantu kamu yang ingin memulai hobi positif ini ya. Selamat berkebun. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *